Apr 10, 2016

Solusi Smartphone Tidak Ter-Cas

Solusi Smartphone Tidak Ter-Cas - Pernah mengalami smartphone kamu tiba-tiba gak bisa di-charge? Jangan panik dulu guys. Kamu bisa melakukan pertolongan pertama melalui cara berikut!

Solusi Smartphone Tidak Ter-Cas

Solusi Smartphone Tidak Ter-Cas


1. Matikan Smartphone
 
Cara ampuh untuk membuat smartphone kamu kembali bisa di-charge (sekaligus paling mudah) adalah menonaktifkan untuk beberapa saat. Seringkali pengguna tidak sadar bila smartphone Android-nya terus menyala dan tidak pernah dimatikan sama sekali. Hal ini ternyata juga berpengaruh pada baterai.

Apalagi jika kamua sering melakukan charging saat dengan menggunakan smartphone untuk kegiatan yang menguras daya seperti Wi-Fian atau video call via Skype. Oleh sebab itu, secara berkala sebaiknya kamu mematikan smartphone agar sistem isi ulang dayanya kembali seperti semula.
 
2. Lakukan Update Software
 
Jika mematikan smartphone tidak menyelesaikan masalah Anda, terdapat kemungkinan si smartphone membutuhkan update ke Android versi terbaru.

Banyak smartphone Android yang mempunyai masalah saat di-charge akan sembuh saat diupdate OS Android-nya. Misalnya, saat ini Anda memakai Android Jelly Bean, maka Anda bisa mencoba Android KitKat untuk membuatnya bisa di-charge lagi.

Namun, ada kalanya saat Anda tanpa sengaja melakukan update yang terjadi justru sebaliknya, smartphone yang awalnya tidak bermasalah malah tidak bisa di-charge. Apabila hal itu yang terjadi, sebaiknya Anda mengembalikan software OS Android ke versi awal atau bawaan pabrik. Hal ini kerap disebut dengan rollback.

3. Ganti Baterai
 
Bila kamu mempunyai sebuah smartphone Android yang berumur di atas dua tahun, maka adalah hal yang wajar bila ia sudah mengalami masalah saat di-charge. Ini dikarenakan kebanyakan baterai hanya disetting untuk penggunaan maksimal selama dua tahun.

Setelah baterai diganti, jangan lupa melihat konduktor smartphone kamu apakah mulai mengalami korosi atau berkarat. Jika terlihat memutih atau bahkan menghijau, sebaiknya segera bersihkan karena itu adalah tanda si konduktor tersebut terkena zat kimia yang bocor dari baterai lama kamu.

Penggantian baterai juga berlaku bila tidak hanya saat smartphone sulit di-charge, tetapi juga bila si baterai sendiri sudah rusak secara fisik atau menggelembung.

4. Perbaiki Port USB di Smartphone
 
Salah satu cara paling ampuh untuk memperbaiki smartphone yang sulit atau bahkan tidak bisa di-charge adalah sedikit mereparasi port USB-nya. Namun jangan khawatir, karena kamu bisa melakukannya sendiri.

Permasalahan memang biasanya terjadi akibat kabel USB charger tidak terpasang dengan benar di port USB smartphone. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, terlebih dulu matikan smartphone dan cari alat dengan ujung pipih seperti tusuk gigi.

Dengan menggunakan tusuk gigi, coba angkat sedikit plat kecil yang ada di bagian tengah lubang USB smartphone Anda. Lakukan dengan perlahan dan sedikit demi sedikit. Usahakan agar ujungnya menjadi sejajar dan tidak bengkok.

Cara ini terbukti paling sering membuat smartphone yang tidak bisa di-charge kembali berfungsi seperti semula, tanpa perlu melakukan cara-cara di atas. Jangan lupa bersihkan lubang USB smartphone setelah melakukan perbaikan 'mandiri' tersebut.

Related Posts

Solusi Smartphone Tidak Ter-Cas
4/ 5
Oleh

1 komentar: