Feb 14, 2016

Cara Setting WiFi Laptop Yg tidak bisa Connect

Wifi adalah salah satu cara di mana kita dapat mengakses internet. Umumnya orang ingin mendapatkan koneksi cuma-cuma dan gratis untuk internetan atau browsing, terutama bagi kalangan mahasiswa. Umumnya di universitas, cafe, alun-alun kota & lain sebagainya diwaktu ini telah sedia Wifi yg dapat di akses dengan cara free. Dengan Cara Normal bila Pc / notebook terhubung dalam jaringan Internet baik melalui LAN atau WiFi akan dapat langsung terhubung ke Internet (jikalau Internet Gratis). Tapi tiba-tiba koneksi tak berjalan dgn normal, padahal kamu yakin tak terkena Virus atau mallware. Sebaiknya janganlah buru-buru menyalahkan pemilik jaringan, cobalah analisa dulu, siapa tahu masalah ada di piranti kita. Berikut beberapa masalah yg barangkali anda temukan :


  • Renew IP tidak memberikan Hasil
  • Pemberian IP secara manual, Network Connected namun tidak memperbaiki koneksi internet. Ketika Brosing tetap saja error
  • Tidak bisa ping ke luar komputer kita apalagi ke Internet, padalah Komputer sebelah bisa

Jika anda yakin kesalahan bukan pada jaringan diatas kita (Access Point atau Router). Karena Komputer teman yang menggunakan jaringan sama ternyata bisa Browsing dengan Normal, bisa jadi masalah ada di Komputer kita. Hasl diatas bisa diakibatkan oleh program jahat semacam malware, atau Virus atau bisa juga karena ada bagian dari sistem PC kita yang error.
Secara garis besar setidaknya 11 hal/masalah yang mungkin menyebabkan sitsem jaringan kita menajdi error. Permasalahan yang ada tersebut bisa dilakukan perbaikan sistem /komponen pensukung sistem yaitu:
  • Reset Internet protocol (TCP /IP)
  • Repain winsock (reset catalog)
  • Renew Internet Connection
  • Flush DNS Resolver Cache : Membersihkan temporari alamat DNS yang tersimpan di PC kita.  Secara default PC kita juga menjaid DNS resolver.
  • Repair Internet Explorer
  • Clear Windows Update History
  • Repair Windows /  Automatic Update
  • Repair HTTPS/SSL/ Chriptography
  • Reset Windows Firewall Configuration
  • Restore the Default hosts file : file .hosts sering manjadi sasaran Virus/mallware, file ini berisi defauut localhost (127.0.0.1). Kadang di rubah/ditambahi dengan DNS palsu oleh program jahat.
  • Repair Workgroup Computer view
PENYEBAB LAIN :
Komputer tidak dapat melakukan koneksi Internet setelah update anti virus Norman.

Problem:
Jika menjumpai komputer yang sudah terinstall Norman Security Suite tidak dapat melakukan koneksi Internet setelah NSS melakukan update (upgrade dari versi 7.3 ke versi 8.0),  silahkan lakukan langkah berikut:

Solusi:
Windows XP
1. Klik tombol [Start -> Run -> ketik CMD kemudian klik tombol [ok]]
2. Pada layar Command Prompt ketik perintah netsh winsock reset kemudian klik tombol “Enter”
3. Restart komputer
4. Pada saat komputer start, maka akan muncul pesan dari NSS yang menyatakan bahwa proses instalasi Norman berhasil dilakukan, kemudian restart ulang computer

Windows Vista
1. Klik [Start->All Programs-> Accessories]
2. Klik kanan pada  “Command Prompt” kemudian klik “Run as administrator”
3. Pada layar Command Prompt ketik perintah netsh winsock reset kemudian klik tombol “Enter”
4. Restart komputer

Kadang laptop yang kita gunakan Wifi nya sudah Connect ke Hotspot namun Tidak bisa mengakses internet. Masalah ini sering terjadi, namun anda bisa mengatasinya dengan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini

1. Pertama, periksa apakah ada tanda seru di systray (pojok kanan bawah komputer) pada icon yang menunjukkan koneksi wireless di laptop. Jika ada segitiga berwarna kuning dengan tanda seru berarti kita sama sekali tidak bisa koneksi ke internet  
 

Setelah itu:
• Masuk ke Control Panel
• Pilih Network And Sharing Center
• Klik pada Change adapter Setting
• Klik kanan pada Wireless Connection dan pilih Properties
• Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
• Setelah itu kita akan melihat sebuah window yang menampilkan detail IP address pada komputer kita. Jika pada detail tersebut masih terisi, kita tinggal pilih Obtain an IP address automatically.
• Setelah itu klik OK, lau OK lagi.
Tunggu beberapa saat hingga kita mendapatkan IP address dari DHCP server hotspot. Perhatikan kembali icon wireless connection yang ada di bagian systray. Jika tanda seru sudah hilang berarti laptop kita sudah tersambung ke internet.
 
 
2. Langkah ini dilakukan apabila langkah yang pertama gagal karena itu berarti ada masalah pada Wifi card laptop Anda.
Masalah seperti ini biasanya timbul dari driver hardware tersebut. Solusinya adalah dengan melihatnya di Device Manager.
    Klik kanan pada My Computer
    Pilih Manage
    Pilih DeviceManager.
    Perhatikan pada bagian Network adapters, kemudian klik kanan pada hardware wifi di laptop kita,
    Klik Uninstal (tidak perlu khawatir karena saat terdeteksi oleh sistem driver secara otomatis akan terinstal kembali.)
    Setelah itu klik kanan dan pilih Scan for hardware changes agar sistem mendeteksi dan menginstal ulang driver hardware wifi tersebut secara otomatis.
    Setelah selesai tutup Device Manager
    Konekkan kembali dengan hotspot wifi.
    Koneksi internet anda akan kembali normal.
 
 
Demikianlah artikel postingan tentang bagaimana Cara Setting Wi-Fi Laptop Yg tidak bisa Connect, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat.

Related Posts

Cara Setting WiFi Laptop Yg tidak bisa Connect
4/ 5
Oleh