Feb 28, 2016

Cara Install Google Accelerated Mobile Pages Pada WordPress

Bagaimana caranya menggunakan google Accelerated Mobile Pages pada website yang menggunakan aplikasi atau CMS WordPress ? jika kalian sedang berencana untuk memasang google AMP , maka kalian berada pada artikel yang tepat karena kali ini  akan memberikan tutorial lengkap tentang cara mengaktifkan Accelerated Mobile Pages pada website kalian .

Kenapa saya harus menggunakan Accelerated Mobile Pages ?

Sebelum memasang Google AMP , ada baiknya kalian mengetahui manfaat dari project google ini . Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya , google amp akan memberikan pengalaman terbaik bagi para pencari berita yang menggunakan google search melalui smartphone atau perangkat mobile lainnya .

Dengan mengaktifkan accelerated mobile pages pada sebuah website , maka besar kemungkinan artikel yang terdapat pada website tersebut muncul pada baris pertama hasil pencarian google for mobile.
Selain itu , google AMP juga akan memberikan peningkatan kecepatan loading website saat diakses melalui perangkat mobile.

Cara Menggunakan Accelerated Mobile Pages Pada WordPress

Pada tutorial kali ini ada beberapa point yang perlu kalian pahami sebelum melanjutkan ke langkah-langkah selanjutnya  : 1 . WordPress yang digunakan adalah WordPress 2 . Self-Hosting dan Kalian Perlu Mengakses FTP
Jika kedua point diatas sudah kalian pahami , maka lanjut ke proses berikutnya .
  • Download dan Install Plugin AMP Download
    Cara Install Google Accelerated Mobile Pages Pada WordPress
    AMP merupakan Plugin yang dibuat khusus untuk WordPress agar bisa mengaktifkan AMP pada websitenya
  • Setelah instalasi selesai jangan lupa untuk mengaktifkan plugin AMP.
Plugin AMP langsung bekerja dan berpengaruh sesaat setelah plugin diaktifkan , tidak ada pengaturan yang perlu dilakukan oleh pengguna plugin ini , untuk mengecek apakah plugin ini berfungsi dengan semestinya adalah dengan membuka sebuah url dengan ditambahkan /amp/ pada path terakhir url , contoh :
https://ngelag.com/cara-install-google-accelerated-mobile-pages-pada-wordpress/amp/
Plugin AMP ini merupakan plugin dasar yang harus kalian gunakan agar website kalian memiliki tampilan website Accelerated Mobile Pages , untuk melakukan kustomisasi atau personalisasi , ikuti langkah-langkah berikutnya .

Cara Merubah Style Pada Accelerated Mobile Pages

Tentu tampilan website kalian yang memakai HTML versi AMP , akan terlihat sangat minimal , pucat dan kadang tidak sesuai dengan apa yang kalian inginkan . Untungnya ada cara mudah untuk melakukan perubahan style pada AMP dengan wordpress , yaitu menggunakan plugin PageFrog . Berikut ini cara menggunakannya :
  • Download plugin PageFrog . Download
    Cara Install Google Accelerated Mobile Pages Pada WordPress PageFrog
    Plugin PageFrog juga memberikan dukungan pada aplikasi Facebook Instant Articles
  • Lakukan Aktifasi Plugin , lalu buka pengaturan pada Menu Mobile Format > Setup lalu pilih Google AMP HTML dan ikuti perintah yang muncul pada layar .
  • Setelah setup berhasil , buka Menu Mobile Format > Styling untuk melakukan perubahan seperti jenis dan ukuran font , dan logo branding website yang menggunakan Google AMP HTML .
Jika semua langkah diatas sudah kalian lakukan , jangan lupa untuk melakukan penyimpanan pada pengaturan Permalinks (Settings > Permalink) hal ini dilakukan dengan hanya menekan tombol Save yang gunanya untuk memastikan tidak terdapat kesalahan pada permalink seperti 404 not found.
Kalian juga bisa melakukan monetasi dengan memasang iklan Adsense dan kalian juga bisa mengaktifkan google analytic dengan menggunakan plugin PageFrog .
Jika kalian sudah memasang kedua buah Plugin yang disebutkan diatas dan mengikuti seluruh langkah-langkah diatas dengan benar , ini artinya website kalian sudah mendukung Google Accelerated Mobile Pages HTML . Lalu bagaimana memastikan bahwa Google AMP sudah terpasang dengan benar pada website saya ? untuk menjawab pertanyaan tersebut , ikuti langkah – langkah dibawah ini :

Memastikan Google AMP HTML Berfungsi Dengan Benar

  • Buka sebuah artikel pada website kalian , lalu tambahkan /amp/ diakhir url path artikel kalian Contoh : http://domain.com/artikel-test-amp-html/amp/ . Jika artikel kalian terbuka pada browser dengan tampilan yang minimalis , maka kalian sudah berhasil mengaktifkan Accelerated Mobile Pages.
  • Lakukan validasi pada halaman AMP caranya buka sebuah artikel dengan menambahkan url path /amp/#development=1 pada akhir url artikel dengan menggunakan brower chrome , lalu tekan tombol Ctrl+Shift+I untuk membuka console , pastikan tidak ada peringatan (!) atau error (x) yang tampil pada console , contoh :
    Cara Install Google Accelerated Mobile Pages Pada WordPress Validasi pada AMP Html
    Contoh AMP HTML yang valid

Langkah Apa Lagi Yang Harus Saya Lakukan ?

  • Teruslah menerbitkan artikel yang berkualitas agar peringkat di search engine google terus meningkat.
  • Lakukan Fetch menuju artikel yang sudah menggunakan AMP . Meskipun google akan dengan otomatis mendeteksi adanya halaman yang menggunakan AMP pada website kalian , tapi tidak ada salahnya melakukan fetch agar google melakukan crawl pada website kalian .

Related Posts

Cara Install Google Accelerated Mobile Pages Pada WordPress
4/ 5
Oleh